Abstract:
ABSTRAK
Muhammad Ihsan, 2022 Tingkat Kepuasan Mahasiswa Jurusan IPS FKIP ULM Pada Fasilitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. (Dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Suratno, M.Pd)
Tujuan penelitian ini adalah mengukur bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas pembelajaran daring yang meliputi: (1) Perangkat Mobile, (2) Kuota Internet, (3) Media, dan untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap aspek pelayanan meliputi: (1) tangibles, (2) assurance, (3) empathy, (4) reliability, (5) responsive. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, sampel penelitian diambil dengan teknik accidental sampling, subjek penelitian terdiri dari 184 mahasiswa angkatan 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukan bahwa tingkat kepuasan pada fasilitas pembelajaran daring secara keseluruhan didominasi oleh ketegori sedang sebanyak 63?n indikator yang memperoleh kepuasan dengan kategori tinggi terbanyak yaitu media sebanyak 41,8%. Untuk variabel kepuasan mahasiswa didominasi oleh tingkat kepuasan sedang sebanyak 71,2?n indikator yang memperoleh kepuasan dengan kategori tinggi terbanyak yaitu dimensi responsive sebanyak 73,4%. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa dimensi tangibles memiliki tingkat pengaruh dengan koefisien korelasi r = 0,739 p<0,05, dimensi asurance dengan koefisien korelasi r =0,526 p<0,05, dimensi empathy dengan koefisien korelasi r = 0,514 p<0,05, dimensi reliability dengan koefisien korelasi r = 0,584 p<0,05, dan dimensi responsive dengan koefisien korelasi r = 0,440 p<0,05.
Kata Kunci: Kepuasan, Fasilitas Pembelajaran Daring