Abstract:
Abstract
Pendidikan merupakan kunci utama bagi suatu Negara untuk unggul dalam persingan bidang global. Oleh karena itu tentunya dalam dunia pendidikan kita seringkali merasakan pembaharuan dalam bidang kurikulum pembelajaran, baik pada tingkatan dasar, menengah, dan atas tentunya untuk mencapai pendidika yang mampu bersaing secara global diperlukannya seorang pendidik yang mempuni dibidangnya mengingat pendidik merupakan sumber belajar utama bagi peserta didik. Sebagai sumber belajar utama pendidik telah dibekali oleh berbagai ilmu dalam dunia pendidikan, yang mana salah satunya adalah memanfaatkan sumber belajar baik berupa orang, tempat atau benda dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan adanya penelitian ini yaitu mengidentifikasi pemanfaatan dari Pasar Malam yang berada di Kelurahan Banua Anyar Kota Banjarmasin sebagai sumber belajar IPS. Dengan menggunakan metode pengumpulan data triangulasi (kombinasi), analisis data yang bersifat kualitatif/induktif. Hasil dari penelitian ini yaitu bagaimana peran pendidik dalam menjadikan Pasar Malam sebagai salah satu sumber belajar IPS yang berada di lingkungan tempat tinggal peserta didik yang diharapakan mampu membantu pesera didik dalam memahami pembelajaran menajadi lebih mudah, serta dapat mencapai tujuan dari pembelajar pada materi “Permintaan, Penawaran, Pasar dan Harga” pada tingkat sekolah menengah pertama
Kata Kunci : Pasar Malam, Sumber Belajar, Pesertadidik