Abstract:
Abstrak. Perilaku konsumtif di kota Banjarmasin memiliki banyak ragam, salah satunya yaitu pada game online Arknights. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan gambaran pemain game online Arknights berperilaku konsumtif dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemain berperilaku konsumtif. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan kriteria (1) pemain arknights yang berdomisili di kota banjarmasin (2) pemain arknights yang sudah lama memainkan game Arknights (3) pemain arknights dengan rentang umur 17-25 tahun (4) pemain yang melakukan top-up. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Gambaran permainan game online Arknights meliputi media yang digunakan yaitu smartphone, kedua adanya fitur-fitur yang disukai oleh pemain sehingga lebih betah dalam bermain game Arknights, ketiga kegiatan yang dilakukan pada saat di dalam game dan di luar game, keempat pemain menghabiskan banyak waktu pada game tersebut, adanya dan yang terakhir ditemukannya pemain melakukan top-up agar mempercepat untuk mendapatkan karakter. (2) Ditemukan ada faktor-faktor yang mempengaruhi pemain Arknights dalam berperilaku konsumtif, faktor-faktor tersebut yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal yang dialami oleh pemain yaitu motivasi dan pengalaman belajar. Dan faktor eksternal meliputi kelompok referensi dan situasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan ada dua temuan yaitu gambaran pemain game online Arknights dalam berperilaku konsumtif dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemain Arknights dalam berperilaku konsumtif.