Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetetahui penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan motivasi untuk sukses dan hasil belajar mahasiswa di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas lambung mangkurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah jenis PTK kolaboratif. Subjek penelitian terdiri dari 70 mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang mengambil mata kuliah kewirausahaan tahun ajaran 2022 semester ganjil, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes hasil belajar dan kuesioner online untuk uji validitas dan reliabilitas, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas data dan pengujian hipotesis (regresi linear sederhana, uji t, uji f). Berdasarkan hasil penelitian upaya yang telah ditempuh oleh peneliti bersama dosen dalam meningkatkan motivasi untuk sukses (Pendidikan) prodi Pendidikan Biologi FKIP ULM Banjarmasin dengan menggunakan model pembelajaran think pair share. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dari siklus I dan II bahwa terdapat peningkatan sebesar 11,5% masih terbilang masih sangat rendah. Keberhasilan model Think Pair Share (TPS) yang diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang terdiri dari 2 siklus dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil evaluasi siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 5%. Tergolong sangat rendah.
Kata Kunci : Model Pembelajaran TPS, Motivasi Untuk Sukses dan Hasil Belajar