Abstract:
Sari, Diana Novita. 2021. Nilai-Nilai Nasionalisme pada Sejarah Perjuangan ALRI Divisi IV di Kalimantan Selatan sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Dosen Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Dosen Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.
Sumber belajar merupakan bagian terpenting dari proses belajar. Tanpa sumber belajar, Anda tidak dapat mengumpulkan informasi atau pengetahuan untuk belajar dari pengetahuan baru yang berguna bagi peserta didik, dalam pembelajaran terkadang peserta didik merasa bosan dengan penggunaan buku paket saja sebagai sumber belajar, maka dari itu penggunaan sejarah perjuangan ALRI Divisi IV sebagai sumber belajar diharapkan menjadi alternatif sumber belajar bagi guru khususnya dalam rangka internalisasi nilai-nilai nasionalisme. Penelitian ini mencari bagaimana sejarah perjuangan ALRI Divisi IV, bagaimana nilai-nilai nasionalisme pada sejarah perjuangan ALRI Divisi IV, dan bagaimana sejarah perjuangan ALRI Divisi IV sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan sejarah perjuangan Divisi IV Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) dalam memperjuangkan hak kemerdekaan di Kalimantan Selatan sebagai sumber belajar IPS, diharapkan mampu memudahkan proses penanaman nilai-nilai nasionalisme kepada peserta didik dalam mata pelajaran IPS dan membuat pembelajaran IPS yang sebelumnya dianggap membosankan menjadi lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan metode kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian, pada tahun 1945, laporan permintaan bantuan yang seharusnya diberikan kepada Komandan Brigade ALRI Mayor Firmansyah oleh Tim Kurir ke-5 ke Kalimantan Selatan gagal oleh penangkapan di Surabaya, tahun 1946, ALRI Divisi IV harus berjuang sendiri di Kalimantan Selatan, tahun 1947, gerakan pemberantasan mata-mata Belanda, tahun 1948, bergabungnya beberapa gerakan gerilyawan, tahun 1949, proklamasi 17 Mei 1949 di desa Mandapai Hulu Sungai Selatan telah mendorong meningkatnya semangat perjuangan pada jiwa masyarakat, terdapat tiga nilai-nilai nasionalisme pada sejarah perjuangan ALRI Divisi IV, yaitu: Nilai cinta tanah air, nilai rela berkorban, dan nilai menghargai jasa pahlawan. Nilai-nilai ini dapat dijadikan sumber belajar IPS dengan tujuan agar peserta didik memaknai keteladanan dari para pejuang sehingga memunculkan sikap berani untuk mempertahankan keutuhan negara dan diwujudkan melalui keikhlasan dan keberanian untuk berjuang dengan mengabdi dan mengorbankan segala yang dimiliki.
Kata Kunci: Nilai-nilai nasionalisme, sejarah perjuangan, sumber belajar