Abstract:
Abstrak
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD digunakan untuk meningkatkan keaktifan,
minat, serta hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD agar proses pembelajaran lebih efektif. Tujuan dalam penelitian ini
adalah (1) Untuk menjelaskan Pembelajaran menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS pada materi
musik kontemporer di SMAN 9 Banjarmasin. (2) Untuk menjelaskan hasil belajar siswa
setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi musik
kontemporer kelas XII IPS di SMAN 9 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan penelitian
tindakan kelas dengan jenis kuantitatif dimana peneliti sebagai observer. Penelitian ini
dilakukan dengan II siklus. Dimana siklus I pada pembelajaran materi musik kontemporer
nilai siswa berada pada angka 64,5 sedangkan KKM yang harus dicapai yaitu 70, setelah
diberi tes pada pembelajaran siklus II meningkat menjadi 75,5. Berdasarkan hasil
perhitungan diperoleh nilai ????? = 0,47 atau meningkat sebesar 47%. Hal ini membuktikan
bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan setelah menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Seni Budaya materi
musik kontemporer kelas XII IPS 1 di SMAN 9 Banjarmasin.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, STAD