Abstract:
Keterpilihan pasangan ini sangat menarik mengingat Sosok Aditya pernah mengundurkan diri dalam Kontestasi PILKADA tapi maju lagi serta sosok Wartono orang yang bukan asli Kota Banjarbaru. Melainkan asli orang jawa bisa menang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan menjelaskan mengenai strategi Pemenangan pasangan Aditya Wartono, serta ruang gerak peneliti yang tidak dibatasi. Penulis mendapatkan data hasil dari wawancara dan dokumentasi yang ada dilapangan. Semua data yang didapatkan akan dikombinasikan untuk mengetahui bagaimana strategi pemenangan pasangan Aditya Wartono dalam memennangkan pemilihan Kepala daerah Kota Banjarbaru Tahun 2020.
Hasil penelitian Strategi Pemenangan yang dilakukan oleh Aditya dan Wartono mencoba memanfaatkan internal partai pengusung mereka untuk mensosialisasikan kandidat 02 ke masyarakat. Pasangan Aditya Wartono juga memiliki produk politik dalam bentuk 7 program kerja unggulan, Figur dari Aditya mantan Anak gubernur kalsel, dan Faktor ideologi partai pengusung turut jadi pendekatan ke masyarakat. Segmentasi politik yang dilakukan Pasangan Aditya Wartono yakni Segmentasi Demografis dan perilaku pemilih yang mendapatkan cara pendekatan masing-masing pada masyarakat. Penyampaian Produk politik yang dilakukan melalui Tokoh-tokoh agama, Paguyuban Perkumpulan orang jawa, pertemuan tatap muka dan promosi melalui media sosial seperti Instagram dan facebook.
Kata Kunci: Pilkada, Strategi, Figur, Pengkelompokan