Abstract:
Abstrak
Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mampu beradaptasi diberbagai situasi sekolah dan memberikan pembelajaran yang lebih baik dan berkembang kepada peserta didik disekolah. Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang professional memiliki kualifikasi akademik. Pengalaman belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis secara lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat. Permasalahan yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Aluh Aluh diketahui terdapat guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang tidak sesuai kualifikasi akademiknya.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualifikasi akademik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri di Kecamatan Aluh- Aluh.
Metode dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif menggunakan dokumentasi dengan melihat kesesuaian kualifikasi akademik guru pendidikan jasmani sesuai peraturan undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri di Kecamatan Aluh-Aluh yaitu SMP Negeri 8 Aluh Aluh Kabupaten Banjar.
Kesimpulah hasil penelitian kualifikasi akademik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri di Kecamatan Aluh-Aluh hanya ada satu sekolah yang kualifikasi akademiknya sesuai yakni 12,5?n satu sekolah tidak memiliki guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, sisanya sebesar 75% sekolah memiliki guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang tidak sesuai kualifikasi akademiknya.
Kata Kunci: Kualifikasi Akademik, Guru, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan