Abstract:
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran dan peluang pasar, di Desa Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Penentuan lokasi daerah penelitian di “kolam runjat” Desa Sungai Landas. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari pembenih ikan,pedagang pengumpul,dan konsumen,serta pengumpulan data dilakukan melalui survei,observasi,wawancara dan dokumentasi. Data sekunder meliputi peta lokasi penelitian,buku,artikel ilmiah dan berbagai website yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Metode pengambilan sampel untuk pembenihan ikan nila adalah purposive sampling dan untuk lembaga pemasaran adalah snowball sampling. (a) Hasil analisis saluran pemasaran menunjukkan bahwa ada 2 jenis saluran 1) Pembenih menjual ke konsumen(lokal) 2) Pembenih menjual ke pedagang pengumpul (luar daerah). jumlah pengiriman benih terbanyak ke pasar lama sebanyak 250.000 .(b) Hasil analisis peluang pasar terdiri dari jumlah permintaan sebanyak 566.000 ekor dengan jumlah penawaran 428.400 ekor dengan presentase 31%.
Kata Kunci: Pembenihan Ikan Nila ,Analisis, Saluran, Pemasaran, Peluang Pasar.