Abstract:
Saat ini pendidikan di Indonesia tengah menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka menuntut peran guru untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang berupaya mengakomodasi setiap kebutuhan dan perbedaan yang dimiliki peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan dengan 4 cara, salah satunya adalah dengan diferensiasi konten/isi. Diferensiasi konten/isi dapat dilakukan dengan menyesuaikan bagaimana materi akan diajarkan atau dipelajari peserta didik berdasarkan gaya belajarnya. Untuk melakukannya, guru dapat menyajikan media pembelajaran interaktif yang mengakomodasi gaya belajar peserta didik. Dan untuk menyajikan media pembelajaran tersebut diperlukan bantuan teknologi yang memadai, seperti iSpring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran yang mengakomodasi gaya belajar peserta didik untuk menunjanjang pembelajaran berdiferensiasi pada materi perbandingan trigonometri dengan menggunakan iSpring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Uji coba peneltian pengembangan ini dilakukan di kelas X RPL 2 SMKN 4 Banjarmasin, yang terdiri dari 36 peserta didik dengan dominan gaya belajar visual dan audiotori. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah dikategorikan valid dan sangat praktis. Tetapi media pembelajaran masih belum dikategorikan efektif, maka media pembelajaran belum memenuhi kriteria kelayakan. Sehingga media pembelajaran belum dapat digunakan untuk melakukan diferensiasi konten/isi pada pembelajaran beridferensiasi.