Abstract:
Liliek Meirselin, D1A215220, 2022, Pengaruh Customer Relationship Management terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI Kantor Cabang Batulicin. Dibawah bimbingan Fitriyadi.
Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Customer Relationship Management terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI Kantor Cabang Batulicin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, tipe penelitian ini adalah asosiatif kausalitas yaitu tipe penelitian untuk menguji pengaruh pada variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel diambil sebanyak 99 nasabah Bank BRI KC Batulicin dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Customer Relationship Management berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI Kantor Cabang Batulicin dengan besarnya sig 0,000 < 0,05. Sumbangan pengaruh yang diberikan dari nilai Beta pada koefisien regresi linier sederhana sebesar 0,857 atau 85,7%. Nilai tersebut bertanda positif menandakan semakin meningkatnya Customer Relationship Management maka akan semakin tinggi loyalitas nasabah pada Bank BRI Kantor Cabang Batulicin.
Kata Kunci : Customer Relationship Management, Loyalitas Nasabah