Abstract:
ABSTRAK
Rosa Pebriandini. 1910413120004. Aplikasi Mobile Paspor Sebagai Inovasi Pelayanan
Keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi Sampit Kabupaten
Kotawaringin Timur. Dibimbing oleh M. Najeri Al Syahrin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi tingkat pelayanan yang diberikan oleh
aplikasi Mobile Passport inovatif di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit Kabupaten
Kotawaringin Timur. Strategi kualitatif dan jenis penelitian deskriptif digunakan dalam
penelitian ini. Observasi, wawancara, dan dokumentasi menyeluruh adalah metode utama
pengumpulan data. Analisis data, seperti yang dijelaskan oleh Miles dan Huberman, terdiri dari
langkah-langkah berikut: pengumpulan data; reduksi data; data presentasi; dan verifikasi
data/penarikan kesimpulan.
Menggunakan aplikasi Mobile Passport di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit
Kabupaten Kotawaringin Timur, menurut temuan studi, kualitas pelayanannya cukup baik.
Bagi petugas imigrasi dan pencari paspor, ketersediaan aplikasi Mobile Passport merupakan
keuntungan, karena menyediakan layanan alternatif yang berpotensi mempersingkat proses
aplikasi paspor. Ada hubungan antara kerangka teoritis yang mendasari dan temuan penelitian
ini. Implikasi yang muncul setelah diterapkannya aplikasi ini adalah Aplikasi Passport Mobile
menjadi solusi bagi pemohon paspor yang tidak dapat jatah walk in queue dan mampu
mengurangi praktik percaloan dan pungutan liar karena pemohon paspor dapat melakukan
beberapa tahapan pendaftaran aplikasi paspor mandiri dari rumah.
Kata Kunci: Inovasi, Kualitas, Pelayanan Publik