Abstract:
Peserta didik masih banyak yang kesulitan dalam memahami materi persamaan linear dan memperoleh nilai matematika yang rendah. Salah satu usaha untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul ajar menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnomatematika wadai khas Banjar pada materi persamaan linear yang valid, praktis, dan efektif. Sehingga modul ajar tersebut layak digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan model 4-D. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diisi oleh dua validator, angket praktikalitas yang diisi oleh guru matematika dan 8 peserta didik dengan kemampuan beragam, serta tes hasil belajar 27 peserta didik kelas VII C SMP Negeri 18 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan, diperoleh skor rata-rata dari validator sebesar 3,58 dalam kategori sangat valid, skor rata-rata dari angket sebesar 3,23 dalam kategori praktis, dan sebanyak 66,67% peserta didik memperoleh nilai tes evaluasi di atas nilai rata-rata dalam kategori efektif. Dengan demikian, secara keseluruhan berdasarkan skor rata-rata yang diperoleh terbukti bahwa modul ajar menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnomatematika wadai khas Banjar materi persamaan linear valid, praktis, dan efektif.