Abstract:
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah sarana pendukung pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi aktif peserta didik. Dalam materi teorema Pythagoras, masih ada guru yang belum menggunakan LKPD karena keterbatasan keterampilan dalam membuat LKPD yang bisa mengaktifkan dan memudahkan peserta didik memahami materi. Sebagai upaya membantu guru dalam memberikan kesempatan luas kepada peserta didik aktif dan terlibat langsung pada pembelajaran ialah melalui pengembangan LKPD berbasis masalah. Untuk mempermudah pemahaman, pembelajaran didesain dengan menggunakan pendekatan yang mengarah pada dunia nyata sebagai titik awal pengembangan ide dan konsep, salah satunya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik disertai konteks lingkungan lahan basah agar lebih bermakna. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis masalah dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik konteks lingkungan lahan basah pada materi teorema Pythagoras kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi, dan revisi, sedangkan fase implementasi tidak dilakukan oleh peneliti karena keterbatasan waktu dan biaya. Hasil uji kevalidan LKPD oleh dua validator sebesar 3,13 dengan kriteria valid. Hasil uji kepraktisan dengan 21 peserta didik dan satu pendidik sebesar 3,71 dan 3,93 dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan sebesar 90?ngan kriteria efektif. Dengan demikian, dihasilkan LKPD berbasis masalah dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik konteks lingkungan lahan basah pada materi teorema Pythagoras kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: LKPD, Pendidikan Matematika Realistik, lingkungan lahan basah, teorema Pythagoras