Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kepemimpinan kepala madrasah, disiplin kerja guru, motivasi kerja guru dan kinerja guru, serta menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala madrasah, disiplin kerja guru, motivasi kerja guru dan kinerja guru Madrasah Aliyah Di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 149 orang guru PNS dan sebanyak 109 orang guru PNS sebagai sampel dengan teknik Simple Proportionate Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Angket terdiri dari kepemimpinan transformasional kepala madrasah (34), disiplin kerja guru (15), motivasi kerja guru (35) yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan variabel kinerja guru diperoleh secara dokumentasi yaitu hasil instrumen baku Penilaian Kinerja Guru. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan (1) gambaran kepemimpinan transformasional kepala madrasah sebagian berada pada klasifikasi sangat tinggi, disiplin kerja guru sebagian berada pada klasifikasi sangat tinggi, motivasi kerja guru sebagian berada pada klasifikasi sangat tinggi, kinerja guru sebagian besar berada pada klasifikasi baik, (2) terdapat pengaruh langsung: kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru; disiplin kerja guru terhadap kinerja guru; motivasi kerja guru terhadap kinerja guru; kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap disiplin kerja guru; kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru; dan (3) terdapat pengaruh tidak langsung: kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja guru; kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru. Kinerja guru harus lebih ditingkatkan dengan cara meningkatkan motivasi kerja dan disiplin kerja sebagai salah satu upayanya.