Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung kecerdasan emosional, iklim organisasi, dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 188 guru. Sampel penelitian ini sebanyak 127 orang guru dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang terdiri dari kecerdasan emosional (39), iklim organisasi (36), dan komunikasi interpersonal (35) yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Data kinerja guru diambil dari PKG. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung: (1) kecerdasan emosional dengan kinerja guru 2) iklim organisasi dengan kinerja guru (3) komunikasi interpersonal dengan kinerja guru (4) kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal (5) iklim organisasi dengan komunikasi interpersonal, dan hubungan tidak langsung (6) kecerdasan emosional melalui komunikasi interpersonal dengan kinerja guru 7) iklim organisasi melalui komunikasi interpersonal dengan kinerja guru