Abstract:
Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran biologi relevan dengan tujuan pembelajaran abad 21. Konsep Sistem Koordinasi pada Manusia wajib diketahui dan dipahami oleh semua orang, terutama peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model PBL pada pembelajaran konsep Sistem Koordinasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian the nonequivalent control group. Sampel penelitian ini kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol selama 2 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest dan posttest, LKPD. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test pada ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran PBL pada pembelajaran konsep Sistem Koordinasi pada Manusia berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 4 Banjarmasin (2) Hasil belajar kognitif proses dalam kategori baik (3) Hasil belajar afektif perilaku berkarakter dan perilaku sosial termasuk dalam kategori baik sampai amat baik (4) hasil belajar psikomotorik kategori baik hingga amat baik.
Kata Kunci: Penerapan, PBL, hasil belajar, sistem koordinasi.