Abstract:
ABSTRACT: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi manajemen mutu Terpadu di sekolah dasar. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Setting penelitian ini adalah dua buah SD Negeri di Kabupaten
Balangan. Key Informan adalah kepala sekolah dan guru yang ditentukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data dengan cara triangulasi teknik dan
triangulasi peer breafing. Analisis data digunakan analisis interaktif model Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, display
data, reduksi data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi manajemen mutu terpadu di sekolah
dasar diimplementasikan melalui prinsip fokus pada kepuasan Pelanggan, respek pada semua orang, kepemimpinan dan pelaksanaan
prinsip perbaikan terus Menerus.
Keywords- Implementasi, Manajemen Mutu terpadu,sekolah dasar