Abstract:
Penelitian ini dilakukan guna menganalisis (1) pengaruh materialism terhadap pembelian kompulsif pada produk kolaborasi bersama Idol K-Pop (penggemar K-Pop di Banjarmasin), (2) pengaruh self control terhadap pembelian kompulsif pada produk kolaborasi bersama Idol K-Pop (penggemar K-Pop di Banjarmasin), (3) pengaruh celebrity worship terhadap pembelian kompulsif pada produk kolaborasi bersama Idol K-Pop (penggemar K-Pop di Banjarmasin).
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian explanatory. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah penggemar K-Pop di Banjarmasin. Jumlah sampel sebanyak 114 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda melalui program SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa materialism berpengaruh signifikan terhadap pembelian kompulsif pada produk kolaborasi bersama Idol K-Pop (penggemar K-Pop di Banjarmasin). Self control berpengaruh signifikan terhadap pembelian kompulsif pada produk kolaborasi bersama Idol K-Pop (penggemar KPop di Banjarmasin). Celebrity worship berpengaruh signifikan terhadap pembelian kompulsif pada produk kolaborasi bersama Idol K-Pop (penggemar K-Pop di Banjarmasin).
Kata Kunci : Materialism, Self Control, Celebrity Worship, Pembelian Kompulsif, Penggemar K-Pop