Abstract:
Norhamidah 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Hands On Activity, dan Talking Stick Di Kelas V SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PPKn, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hands On Activity dan Talking Stick
Permasalahan yang terjadi di SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin pada siswa kelas V adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran bersifat satu arah, siswa kesulitan memahami materi, kurangnya kegiatan yang membangun rasa kerjasama, percaya diri dan tanggung jawab, kurangnya kegiatan yang menuntut siswa berpikir kritis, kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan kurangnya kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hands On Activity dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin yang berjumlah 30 orang siswa terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Hands On Activity dan Talking Stick maka aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 59 menjadi 97 dengan kategori “Sangat Baik”. Aktivitas Siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 43% menjadi 97?ngan kategori “Sangat Aktif”. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ? 81.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hands On Activiy dan Talking Stick dapat meningkatkan kualitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.