Abstract:
Anak-anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) sering menunjukan perilaku off-task pada saat pembelajaran di kelas yang berhubungan dengan kesulitan dalam mempertahankan perhatian dan perilaku tenang. Hal ini menyebabkan terganggunya managemen kelas dan tingkat prestasi akademik anak. Untuk meminimalkan dampak dari perilaku off-task, dibutuhkan intervensi untuk mengurangi perilaku off-task di kelas dan meningkatkan perilaku on-task. Penelitian ini menggunakan intervensi dengan teknik token ekonomi untuk mengurangi perilaku off-task pada anak dengan ADHD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain ABA, meliputi baseline (A), intervensi dan baseline (A2), dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 3 orang anak dengan diagnosis ADHD. Teknik Pengumpulan data menggunakan asesmen, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan teknik token ekonomi signifikan dalam mengurangi perilaku off-task berdasarkan hasil uji Paired sample t-Test dengan nilai signifikansi sebesar 0,38 (lebih kecil dari nilai ? 0,05 sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa teknik token ekonomi efektif dalam mengurangi perilaku off-task pada anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).
Kata Kunci: Token ekonomi, perilaku off-task, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)