Abstract:
Latar belakang: Peningkatan derajat kesehatan masyarakat salah satunya dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan kesehatan. RSGM Gusti Hasan Aman menjadi pusat pelayanan kesehatan gigi dan mulut masyarakat untuk mewujudkan keinginan meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut khususnya di wilayah Provinsi Kalimatan Selatan. Berdasarkan data kunjungan pasien dapat diketahui bahwa 81% pasien yang berkunjung di tahun 2020 dan 57,6% pasien kunjungan pada tahun 2022 adalah pasien-pasien yang dibawa dan dikerjakan oleh mahasiswa profesi atau dokter gigi muda. Perbedaan pada jumlah pasien yang berkunjung salah satu penyebabnya karena masyarakat masih kurang merasakan marketing mix yang dilakukan oleh RSGM Gusti Hasan Aman. Tujuan: Menganalisis marketing mix (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) terhadap kunjungan pasien ke RSGM Gusti Hasan Aman. Metode: Penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan di RSGM Gusti Hasan Aman dengan sampel penelitian berjumlah 107 responden. Hasil: Hasil uji chi-square pada analisis pengaruh Marketing mix, product, price, place, promotion, people, process, physical evidence berpengaruh terhadap tingkat kunjungan. Kesimpulan: Peningkatan dari setiap dimensi marketing mix akan meningkatkan kunjungan pasien dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan.