Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi guru, fasilitas sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Islam Kota Banjarmasin yang berjumlah 544 orang dan sampel sebanyak 231 orang ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari kompetensi guru (37 item), fasilitas sekolah (43 item), motivasi kerja (22 item) dan kinerja guru (30 item). Uji validitas dan reliabilitas data menggunakan Alpha Cronbach. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis jalur untuk melihat hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel, dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, uji homoskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara: (1) kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru, (2) fasilitas sekolah terhadap prestasi kerja guru, (3) motivasi kerja terhadap prestasi kerja guru, (4) kompetensi guru terhadap motivasi kerja guru, (5) fasilitas sekolah terhadap motivasi kerja guru, (6) kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru melalui motivasi kerja guru, (7) fasilitas sekolah terhadap prestasi kerja guru melalui motivasi kerja guru.