Abstract:
Pengembangan video pembelajaran merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan media pembelajaran di sekolah agar dapat mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Video pembelajaran ini dikembangkan khusus untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dengan materi Comparison Degree, di mana diperlukan penggunaan media audio-visual sebagai tambahan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu guru dalam mengembangkan video pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada materi Comparison Degree untuk kelas VIII di SMP Negeri 5 Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII/E yang sedang mempelajari materi Comparison Degree. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 7 tahap. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, survei/angket, dan tes sebagai teknik pengumpulan data. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa secara umum video pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar dengan efisiensi yang tinggi. Meskipun hanya menggunakan 7 tahap pengembangan, media pembelajaran yang dikembangkan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Penulis merekomendasikan penggunaan penelitian ini sebagai sumber manfaat bagi guru, siswa, serta peneliti dan pengembang di masa depan. Terutama untuk penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall dengan menggunakan perangkat lunak Wondershare Filmora.