Abstract:
Latar belakang: Gigi tiruan merupakan protesa gigi sebagai pengganti gigi dan struktur jaringan yang hilang. Penggunaan gigi tiruan yang tinggi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pasien untuk mencari suatu pelayanan perawatan gigi, pasien yang merasakan pelayanan perawatan gigi tiruan yang sering dikunjungi selama perawatan menjadi faktor yang paling penting bagi kepuasan pasien dengan harapan selama menjalanani proses pemasangan gigi tiruan. Tujuan: Menganalisis hubungan kualitas pelayanan dokter gigi muda dalam perawatan gigi tiruan lengkap akrilik terhadap kepuasan pasien di RSGM Gusti Hasan Aman. Metode: Penelitian menggunakan metode observasional-analitik dengan desain penelitian cross-sectional dan teknik Simple random sampling yang didapatkan sampel sebanyak 38 orang menggunakan instrument penelitan yaitu kuesioner. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa usia terbanyak pengguna gigi tiruan lengkap di RSGM Gusti Hasan Aman adalah kelompok usia 55-64 tahun (55-64%). Gusti Hasan Aman berpendidikan sekolah dasar (SD) (50%). Hasil penelitian terhadap pelayanan dokter gigi muda diperoleh pasien terbanyak merasakan pelayanan yang baik (98,4%). Hasil berdasarkan kepuasan pasien menunjukkan pasien merasa puas terhadap perawatan (84,2%). Hasil dari uji somer’s d diperoleh 0,000 (p<0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan kualitas pelayanan dokter gigi muda dalam perawatan gigi tiruan terhadap kepuasan pasien dengan kekuatan hubungan yang kuat. Kesimpulan: Kualitas pelayanan di RSGM umumnya memberikan perawatan yang sangat baik dan pasien gigi tiruan lengkap akrilik yang dirawat memperoleh tingkat kepuasan yang sangat puas.