Abstract:
ABSTRAK
Qadarsih, Lisna. 2023. Hubungan antara Kepemimpinan Instruksional Kepala
Sekolah, Kepuasan Kerja, Komitmen Kerja dan Kinerja guru SDN
Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Program Magister
Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Drs.
Sulaiman, M.Pd, Ph.D
Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional, Kepuasan Kerja, Komitmen, Kinerja
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan langsung dan tidak
langsung Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, Komitmen
Kerja dan Kinerja guru SDN Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional
menggunakan model analisis jalur (Path analysis) untuk menganalisis pola hubungan
antar variabel. Populasi penelitian sebanyak 309 guru dari 59 SDN di Kecamatan
Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin dan diambil 174 responden sebagai sampel
penelitian menggunakan teknik Probability Simple Random Sampling. Pengumpulan
data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis
deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).
Hasil analisis nilai koefisien regresi variabel perilaku kepemimpinan
instruksional kepala sekolah dan kinerja sebesar 0,825, variabel kepuasan kerja dan
kinerja sebesar 0,829, variabel komitmen kerja dan kinerja sebesar 0,816, variabel
kepemimpinan instruksional Kepala Sekolah dan Komitmen sebesar 0,783, variabel
kepuasan kerja dan komitmen kerja sebesar 0,486, variabel kepemimpinan
instruksional kepala sekolah dan kinerja melalui komitmen kerja sebesar 0,337 dan
variabel kepuasan kerja dengan kinerja melalui komitmen sebesar 0,3691
Kesimpulan penelitian ini adalah variabel Kepemimpinan Instruksional Kepala
Sekolah, Kepuasan Kerja, Komitmen Kerja dan Kinerja guru SDN Kecamatan
Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin semuanya termasuk dalam katagori tinggi.
Terdapat hubungan langsung secara parsial antara kepemimpinan instruksional
kepala sekolah, kepuasan kerja, komitmen kerja dan kinerja guru. Terdapat
hubungan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan
kepuasan kerja dan kinerja melalui komitmen kerja di SDN Kecamatan Banjarmasin
Selatan Kota Banjarmasin. Saran kepala sekolah terus mempertahankan
kepemimpinan instruksional ini, karena dalam penerapannya mampu meningkatkan
kinerja guru. hal perlu ditingkatkan adalah berhubungan dengan guru seperti
memberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang sejalan dengan
profesinya. Guru harus lebih berupaya untuk meningkatkan kinerja dengan lebih
memiliki strategi dan metode penilaian hasil belajar tidak hanya perkembangan ranah
pengetahuan tapi juga ranah perilaku dan moral siswa.