Abstract:
Aktivitas humas adalah kegiatan yang dilakukan oleh public relations untuk alternatif optimal guna mencapai tujuan. Dalam penelitian ini, PSFC Banjarmasin melakukan aktivitas Humas guna membangun citra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas humas komunitas klub motor dalam membangun citra kepada masyarakat di Banjarmasin Utara studi pada komunitas motor Pagato Satria F150 Club (PSFC) Banjarmasin.
Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PSFC Banjarmasin menggunakan aktivitas Humas menuurt Bety dalam membangun citra, yaitu (1) Peliputan dan pendokumentasian kegiatan: mengunggah dokumentasi kegiatan yang mereka lakukan ke sosial media. (2) Periklanan di Media Massa: menyebarkan berita tentang kegiatan yang dilakukan PSFC Banjarmasin di media online dan media cetak. (3) Penerbitan Majalah: Meneribitkan poster dan banner untuk menginformasikan kegiatan akan datang kepada khalayak. (4) Sosialisasi: menyelangarakan event seperti Riding Santuy sambil Gerakan Ekonomi UMKM, Cangkruk Bareng, One Day Training Safety Riding, Saturday Night Ride, Safety for Humanity, dan lain sebagainya, menjalin hubungan dengan masyarakat, kepolisian, serta Dealer Suzuki, menggandeng pihak kepolisian dan Dealer Suzuki untuk membuat kepercayaan publik meningkat terhadap klub motor, serta melakukan berbagai aksi sosial. Sejauh ini, citra yang PSFC Banjarmasin bangun berhasil baik, meski belum sebesar yang mereka harapkan.
Kata Kunci: Aktivitas, Humas, Citra.