Abstract:
Game mobile legends banyak diminati oleh kalangan remaja terutama seorang pelajar yang dapat menjadikan pelajar kurang termotivasi dalam mencapai tujuan akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindfulness terhadap penetapan tujuan pada pelajar yang bermain game mobile legends di Banjarbaru. Populasi yang ada dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 92 pelajar berusia remaja akhir dengan rentang usia 17-20 yang bermain game mobile legends di Banjarbaru dengan intensitas 2 jam sehari. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling, dengan metode kuantitatif menggunakan analisis regresi linear sederhana, dan mengumpulkan data dengan membagikan link g-form yang terdiri dari skala Mindful Attention Awareness Scale-Adolescent (MAAS-A) dari Brown dkk, (2011) dan Formative Questionnaire Technical Report dari Gaumer Erickson dan Noonan (2018). Berdasarkan hasil uji regresi linear, ditemukan bahwa mindfulness secara signifikan mepengaruhi penetapan tujuan ke arah negatif, signifikansi sebesar 0,008 < 0,05, dengan kontribusi keseluruhan sebesar 76% serta = 71.660 + -0,150 menunjukkan setiap kenaikan mindfulness pada pelajar maka akan menurunkan penetapan tujuan pelajar berusia remaja akhir yang bermain game mobile legends.