Abstract:
Efikasi diri merupakan kasus yang banyak terjadi dikalangan remaja, adanya rasa tidak yakin dan percaya atas kemampuan diri sendiri berpengaruh dengan tingkat kinerja remaja dalam belajar maupun bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik self-talk dalam mengurangi efikasi diri pada siswa kwlas VIII di SMPN 3 Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan penelitian pre-experimental design dalam bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik sampel non-probabilitas yang berjumlah 8 orang.
Berdasarkan hasil t-test, menujukkan bahwa thit > ttab (5,841 > 2,144) dengan probabilitas kesalahan 0.05 atau 5%) dengan hasil kesimpulan teknik self-talk dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa kelas VIII di SMPN 3 Banjarmasin.
Kata Kunci: Self-Talk, Bimbingan Kelompok, Efikasi Diri