Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung manajemen konflik, lingkungan kerja, iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru di Madrasah Aliyah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 263 guru Madrasah Aliyah. Teknik sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling sebanyak 159 orang. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dengan analisis jalur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari manajemen konflik (15 item), lingkungan kerja (20 item), iklim sekolah (20 item) dan kepuasan kerja (25 item). Uji validitas dan reliabilitas data menggunakan Alpha Cronbach. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis jalur untuk melihat hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel, dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, uji homoskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara: (1) manajemen konflik dengan kepuasan kerja guru, (2) manajemen konflik dengan lingkungan kerja, (3) manajemen konflik dengan iklim sekolah, (4) lingkungan kerja dengan kepuasan kerja guru, (5) iklim sekolah dan kepuasan kerja guru, (6) hubungan tidak langsung manajemen konflik melalui lingkungan kerja dengan kepuasan kerja guru, (7) hubungan tidak langsung manajemen konflik melalui iklim sekolah dengan kepuasan kerja guru