Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi temperatur, tekanan dan kecepatan aliran gas buang melalui adsorbent yang terjadi di knalpot motor menggunakan metode dinamika fluida komputasional. Simulasi dilakukan dengan memodelkan knalpot beserta dengan adsorbent dengan variasi ukuran 40, 50 dan 60 mesh pada 1000, 2000 dan 3000 RPM. Simulasi ini menggunakan persamaan dari Navier-Stokes dan persamaan turbulensi dari k – ???? yang dihitung menggunakan software ANSYS Fluent. Hasil simulasi menunjukkan bahwa distribusi temperatur, tekanan dan kecepatan aliran gas buang lebih baik dilakukan pada adsorbent dengan ukuran 40 mesh karena tidak terjadinya penumpukan temperatur yang terlalu besar pada area sekitar adsorbent, memiliki kemampuan melepas gas buang yang jauh lebih baik ditandai dengan tekanan yang besar serta aliran fluida yang tidak terganggu dikarenakan aliran tersebut dapat tetap mengalir tanpa adanya resistansi berlebihan dari keberadaan adsorbent itu sendiri. Penelitian ini memberikan wawasan lebih baik dan luas dalam pengembangan penggunaan adsorbent sebagai salah satu usaha mengurangi emisi gas buang dengan tanpa membuat kinerja dari sistem exhaust menurun secara dramatis serta dapat menjadi pandangan untuk langkah dalam penelitian - penelitian berikutnya.
Kata kunci: Dinamika Fluida Komputasional, Adsorbent, Kinerja Sistem Exhaust