Abstract:
Model Project Based Learning (PjBL) merupakan salah satu model yang dianjurkan untuk diterapkan pada Kurikulum Merdeka. Model ini mengacu pada metode instruksional berbasis inkuiri yang melibatkan siswa dalam konstruksi pengetahuan dengan memberikan proyek dan mengembangkan produk pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa dan kendala pada implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam penerapan Kurikulum Merdeka terhadap pembelajaran matematika di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian gabungan (mixed methods) antara metode kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi, angket respon siswa dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada implemetasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam penerapan Kurikulum Merdeka termasuk dalam kriteria sangat baik. (2) Respon siswa pada implemetasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) telah memenuhi kriteria respon positif yaitu 91%. (3) Kendala yang terdapat pada implemetasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah kesulitan pada materi prasyarat, memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan proyek serta membutuhkan fasilitas, alat dan bahan yang memadai.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Project Based Learning (PjBL), Pembelajaran Matematika