Abstract:
ABSTRAK
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PASIEN BPJS KESEHATAN (Tinjauan pada Poli Gigi RSUD Datu Sanggul Kabupaten Tapin
Muhammad Rizki Fadhil, Rosihan Adhani, Aulia Azizah
Latar Belakang: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang disingkat BPJS adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Penyelenggara kesehatan harus selalu meningkatkan kualitas pelayanan seiring bertambahnya peserta dari penyelenggaraan kesehatan tersebut, dikarenakan akan berdampak kepada peserta itu sendiri, jika kualitas tidak ditingkatkan seiring berjalannya penambahan pesertamaka penyelenggara kesehatan akan mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan: menganalisis hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pasien BPJS kesehatan di poli gigi RSUD Datu Sanggul Kabupaten Tapin. Metode: Penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien BPJS kesehatan di Poli Gigi RSUD Datu Sanggul Rantau. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Besar sampel minimal dihitung dengan rumus estimasi proporsi dan didapatkan hasil 47 responden. Hasil: Secara keseluruhan kualitas pelayanan kesehatan rata-rata dinilai sangat puas oleh pasien, sedangkan kepuasan pasien rata-rata berada pada kategori puas. Hasil analisis korelasi Spearman menunjukkan hasil sig 0,000 (p<0,005) yang berarti terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pasien BPJS kesehatan di poli gigi RSUD Datu Sanggul Kabupaten Tapin.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS, Poli Gigi