Abstract:
Indonesia merupakan salah satu produsen kopi di dunia, jumlah produksi kopi di Indonesia pada tahun 2019 – 2021 mengalami peningkatan. Selain terjadi peningkatan produksi kopi, Indonesia juga mengalami peningkatan konsumsi kopi. Salah satu alasan peningkatan konsumsi kopi di Indonesia adalah maraknya coffee shop yang bertebaran di Indonesia terkhususnya Kota Banjarbaru. Menurut Pemerintah Kota Banjarbaru ada sekitar kurang lebih 300 coffee shop yang tumbuh dan berkembang di Kota Banjarbaru, salah satunya yaitu coffee shop satutujuh.an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen dan mengidentifikasi serta menganalisis atribut-atribut yang menjadi preferensi konsumen terhadap pembelian di coffee shop satutujuh.an. Penelitian dilakukan dari bulan Desember 2022 sampai dengan Mei 2023, metode penarikan contoh yang digunakan yaitu accidental sampling dengan 41 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen pada coffee shop satutujuh.an mayoritas berjenis kelamin perempuan, berusia 21–25 tahun, berstatus belum menikah, pendidikan terakhir SMA atau sederajat, pekerjaan sebagai pelajar atau mahasiswa dan berpendapatan atau uang saku per bulan rata-rata Rp 500.000–Rp 2.000.000. Preferensi konsumen pada coffee shop satutujuh.an adalah atribut harga terjangkau, atribut kualitas pelayanan cepat, atribut kualitas produk menu minuman dan makanan yang enak, atribut fasilitas tempat duduk lesehan dan memiliki air conditioner (AC), atribut atmosfer/suasana tampilan coffee shop menarik dan lokasi yang strategis. Atribut – atribut yang dipertimbangkan yaitu atribut harga, kualitas produk, atmosfer, lokasi, kualitas pelayanan dan fasilitas yang tersedia.