Abstract:
Meningkatnya penggunaan screen time pada anak prasekolah yang berlebihan tanpa didampingi oleh pengawasan orang tua yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peranan antara screen time terhadap perkembangan kognitif pada anak praskekolah di kabupaten Tapin. Instrumen yang digunakan pada penelitian kali ini instrumen angket yang terdiri dari angket pengukuran screen time dan perkembangan kognitif dengan menggunakan teknik purpossive sampling pada pengambilan sample dan analasis regresi linear sederhana melalui aplikasi IBM SPSS. Objek yang digunakan pada penelitian ini ialah anak prasekolah yang berlokasi di kabupaten Tapin sebanyak 55 orang objek dengan Ibu dari anak tersebut sebagai subjek pada penelitian. Hipotesis yang didaparkan pada penelitian ini ialah H0 diterima dan Ha ditolak, yang dimana tidak terdapat peranan screen time terhadap perkembangan kognitif anak prasekolah di Kabupaten Tapin.