Abstract:
Peserta didik belum cukup berani dalam mengajukan pertanyaan untuk menganalisis permasalahan pada soal dan merefleksikan serta mengevaluasi penalaran secara mandiri. Salah satu usaha untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi bernalar kritis. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas peserta didik yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dan satu kali tes evaluasi untuk menggambarkan bernalar kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis aktivitas peserta didik dalam dimensi bernalar kritis termasuk dalam kategori sudah berkembang dan presentase ketuntasan tes evaluasi termasuk dalam kriteria sangat baik. Dengan demikian, secara keseluruhan berdasarkan aktivitas peserta didik dan ketuntasan tes evaluasi yang diperoleh dapat meningkatkan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi bernalar kritis dan hasil belajar di kelas V-B Aisyah binti Abu Bakar.