Abstract:
ABSTRAK
Urgensi penelitian ini terkait dengan memilih dan menentukan pilihan untuk mengkonsumsi dan membeli suatu produk, dan desain komunikasi visual yang efektif akan membuat pelanggan loyal terhadap produk atau layanan yang diberikan dan sebaliknya. Peringatan gambar pada bungkus rokok akan sangat mempengaruhi keputusan konsumen, oleh karena itu urgensi penelitian ini berkaitan dengan memilih dan mengambil keputusan untuk mengkonsumsi dan membeli suatu produk.Dalam konteks Kampus Universitas Lambung Mangkurat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesadaran mahasiswa dipengaruhi oleh peringatan kesehatan yang tertera pada bungkus rokok dan iklan produk tembakau. Kajian ini dilakukan di kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarmasin dan Banjarbaru, dengan total sebelas fakultas dan 270 mahasiswa sebagai partisipan. Hasil penelitian dijelaskan bahwa secara simultan Peringatan Gambar Pada Kemasan Rokok (X1) dengan Pesan Kesehatan Iklan Rokok (X2), dimana ada hubungan antara perokok di kalangan mahasiswa dengan hasil berpengaruh positif dan hubungan yang signifikan terkait Kesadaran Bahaya Merokok (Y). Hal tersebut menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen kompensasi yang terdiri dari Peringatan Gambar Pada Kemasan Rokok dan Pesan Kesehatan Iklan Rokok terhadap Kesadaran Bahaya Rokok sebesar 51%. Sehingga variable Peringatan Gambar Pada Kemasan Rokok dan Pesan Kesehatan Iklan Rokok berpengaruh kuat dengan nilai R 0,714 yang dinterpretasikan dalam kategori kuat.
Kata kunci: Kemasan Rokok. Iklan Rokok, Sampoerna Mild, Peringatan Bahaya Rokok, Mahasiwa ULM