Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kejenuhan belajar pada siswa school from home kelas XI SMAN 3 Banjarbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 3 Banjarbaru, sedangkan subjek dalam penelitian ini sebanyak 146 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala kejenuhan belajar. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi pearson product moment yang menunjukan bahwa adanya hubungan negatif antara dukungan sosial dengan kejenuhan belajar dengan nilai r = -0,411 dari taraf signifikansi 0,000 (p < 0,05) yang artinya semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh siswa, maka semakin rendah kejenuhan belajar. Koefisien determinasi menunjukkan sumbangan efektif dukungan sosial dengan kejenuhan belajar sebesar 16%, sedangkan 84% merupakan sumbangan faktor lainnya. Hasil analisis tersebut membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara dukungan sosial dengan kejenuhan belajar dapat diterima.
Kata kunci : dukungan sosial, kejenuhan belajar, siswa, school from home.