Abstract:
Prasekolah disebut juga sebagai masa bermain. Zaman sekarang alat bermain anak mulai banyak berubah menjadi permainan modern dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Salah satunya adalah banyaknya fasilitas pemberian dan penggunaan gadget oleh orangtua. Orangtua memiliki peran penting dalam mendampingi anak saat menggunakan gadget terutama Ibu. Peran Ibu yang mengawasi anak prasekolah dilingkungan rumah memiliki tugas penting untuk perkembangan anak prasekolah. Pengawasan orangtua melalui tipe-tipe parental mediation yaitu active mediation, co-use, restrictive mediation dan supervision. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui apakah parental mediation Ibu memiliki pengaruh terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak prasekolah di Kota Banjarbaru. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling dan jumlah responden yang didapat sebesar 115 orang. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala Child Screen Media use dan Parental Mediation Scale, serta di analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu parental mediation Ibu secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh terhadap intensitas penggunaan gadget. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh penelitian sebesar 43% sedangkan 57% dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya.