Abstract:
Pendidikan abad ke-21 menuntut seseorang memiliki keterampilan salah satunya keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui berbagai sumber belajar termasuk Ensiklopedia. Ensiklopedia merupakan perangkat pembelajaran yang berisikan uraian disertai gambar, disusun secara sistematis dan alfabetis untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) validitas isi, (2) kepraktisan isi dan harapan, serta (3) keefektifan harapan ensiklopedia famili arecaceae Kebun Raya Banua untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan Educational Design Research dengan desain evaluasi formatif Tessmer, yang terdiri atas: (1) self evaluation, (2) expert review, (3) one-to-one evaluation, (4) small group evaluation. Subjek uji validitas meliputi tiga orang ahli, subjek uji perorangan adalah empat orang mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah phanerogamae, dan subjek uji kelompok kecil adalah empat orang mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah phanerogamae. Data diperoleh dari instrumen validitas isi, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Validitas ensiklopedia kategori valid (skor 3,8) meliputi isi, kebahasaan dan desain; 2) Kepraktisan isi kategori baik (skor 3,8), dan kepraktisan harapan kategori sangat baik (skor 92,86%) karena memiliki daya tarik dan mudah digunakan 3) Keefektifan harapan kategori sangat baik (skor 94,37%) karena dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Kata kunci: arecaceae, ensiklopedia, keterampilan berpikir kritis.