Abstract:
ABSTRAK
Ariyanti, Helda Nur 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Materi Jenis - Jenis Usaha Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Group Investigation dan Picture and Picture Pada Siswa Kelas V Sdn Teluk Tiram 2 Banjarmasin Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M. Si
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Jenis – jenis usaha, Problem Based Learning, Group Investigation, Picture and Picture
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut disebabkan pembelajaran hanya berlangsung satu arah, pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dan siswa pasif, cenderung bekerja secara individu. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Group Investigation dan Picture and Picture. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Teluk Tiram 2 yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 16 dengan kriteria “Cukup Baik”, meningkat pada pertemuan 4 memperoleh skor 26 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 45?ngan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ? 81
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Group Investigation dan Picture and Picture dapat meningkatkan kualitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Teluk Tiram 2. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.