Abstract:
Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu untuk mengetahui
marketing politik yang dijalankan sehingga perolehan kursi partai golkar
mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 16 kursi dengan dominasi wajah wajah baru yang menduduki kursi legislatif dan faktor pendukung yang
mendorong adanya keberhasilan untuk memenangkan pemilu. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi marketing politik yang dijalankan pada
pemilu 2019 dan faktor kemenangan partai golkar di Kabupaten Barito Kuala.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan analisis data deskriptif
untuk menggambarkan penelitian secara rinci dan informan penelitian ada 8 orang
yaitu Ketua DPC Partai Golkar, Sekretaris Partai Golkar, Ketua Badan
Pemenangan Pemilu Legislatif 2019 (Ketua DPRD Kabupaten Barito Kuala, Ahli
Politik 1 Orang) dan 4 orang Masyarakat. Peneliti menggunakan marketing politik
dengan konsep dari Niffenegger 4P (Product, Promotion, Price, dan Place) serta
faktor perilaku pemilih (faktor psikologis, sosiologis dan rasionalitas).
Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep partai golkar mencakup
berbagai aspek kepentingan masyarakat terutama pembangunan dan memajukan
pertanian di Kabupaten Barito Kuala serta dalam pencapaian tujuan tidak terlepas
dari pancasila dan UUD 1945. Personal Characteristic yang diusung partai golkar
juga melekat dengan karakteristik dikenal dan disenangi oleh masyarakat.
Promosi dilakukan melalui kampanye dialogis seperti kampanye akbar dan
kampanye melalui media sosial. Kemudian harga menunjukan citra positif dan
pemilih merasa nyaman. Tempat atau cara hadir partai golkar yaitu melakukan
komunikasi langsung. Adapun yang menjadi faktor perilaku pemilih dalam
kemenangan partai golkar ada 4 yaitu faktor psikologis, faktor sosiologis, faktor
rasionalitas dan penempatan dapil yang sesuai.
Kata Kunci: Strategi, Pemilu, Masyarakat, Kemenangan, Legislatif