Abstract:
Tujuan penelitian adalah menjelaskan kelayakan dan efisiensi media dalam proses pembelajaran. Penelitian perbaikan ini memanfaatkan strategi karya inovatif Borg n Gall yang diubah oleh Sugiyono. Sumber informasi dalam kajian ini adalah siswa- siswi kelas VIII SMPN 10 Banjarmasin sejumlah 27 siswa. Alat penelitian yang dipakai adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli bahasa, lembar penilaian siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa sebelum menggunakan media scrapbook mendapat skor rata-rata 52?ripada siswa yang mencapai KKM, dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media scrapbook mendapat skor rata-rata 12?ri 25 siswa dengan predikat “sangat baik”. kategori skor. Sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan media scrapbook memperoleh skor rata-rata 12?ri 25 siswa dengan kesimpulan kategori skor “cukup baik”.
Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, dan scrapbook