Abstract:
ABSTRAK
Permasalahan penelitian ini yaitu terdapat guru yang masih belum mendorong peserta didik untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran jasmani peserta didik di tinjau dari analisis aktivitas fisik di luar jam sekolah di kabupaten tapin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif deskriptif yang dilakukan dengan tes dan kuisioner. Dari hasil penelitian ini diketahui indeks massa tubuh peserta didik di SDN Pasar Arba dalam kategori gizi baik. Tingkat kebugaran jasmani peserta didik dalam kategori baik.Dari analisis aktivitas peserta didik diluar jam sekolah melakukan aktivitas fisik kategori sedang selama 2 hari dalam seminggu dengan rentang waktu 1 jam per hari, Peserta didik senang berolahraga bulutangkis dan terdapat peserta didik yang mengikuti klub olahraga diluar jam sekolah.Dari hasil penelitian ini diketahui indeks massa tubuh peserta didik di SMPN 1 Banua Lawas dalam kategori gizi baik. Tingkat kebugaran jasmani peserta didik dalam kategori cukup.Dari analisis aktivitas peserta didik diluar jam sekolah melakukan aktivitas fisik kategori berat selama 1 hari dalam seminggu dengan rentang waktu 1 jam per hari, Peserta didik tidak terlalu senang berolahraga dan terdapat peserta didik yang mengikuti klub olahraga diluar jam sekolah.
Kata Kunci : Analisis, Kebugaran Jasmani, Aktivitas Fisik di Luar Jam Sekolah