Abstract:
Faradilla Amanda Putri. 1910414220006. 2023. Strategi Content
Creator dalam Membangun Online Engagement (Studi Pada Akun Media
Sosial Instagram @Globy_id). Dibawah bimbingan Sarwani.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
strategi content creator dalam membangun online engagement pada akun media
sosial Instagram @Globy_id.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe
penelitian deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara
mendalam, observasi, serta dokumentasi sebagai penunjang. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana untuk
memberikan gambaran secara lengkap, aktual dan akurat mengenai fenomena yang
diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh tim
content creator Globy dalam membangun online engagement pada akun Instagram
nya ialah dengan mengedepankan relevansi dalam membuat konten, memanfaatkan
fitur Instagam Story untuk survey, dan membuat konten berdasarkan konten pilar.
Dalam strateginya, mereka juga telah sesuai dengan sifat strategi menurut
Mathewson & Moran yakni credible, targeted, differentiated, namun pada sifat
measurable mereka belum maksimal. Apabila ditinjau berdasarkan konsep The
Circular Model of SOME : Share, Optimize, Manage, Engage, tim content creator
telah sesuai dengan konsep tersebut kecuali pada aspek optimize yang belum
dimaksimalkan. Dengan ditinjau melalui sifat strategi serta konsep The Circular
Model of SOME tersebut, maka tim content creator Globy dapat membangun online
engagement pada akun Instagram @Globy_id dalam bentuk paling banyak berupa
like.
Kata Kunci : Strategi Konten, Content Creator, Online Engagement.