Abstract:
Motivasi memiliki peran yang strategis dalam aktivitas belajar seseorang. Tanpa motivasi, tidak akan ada kegiatan belajar. Siswa yang tidak memiliki motivasi belajar akan mengalami kekecewaan karena motivasi belajarnya rendah. Motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal pada diri siswa. Faktor internal adalah efikasi diri, sementara faktor eksternal adalah konformitas teman sebaya. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Alalak, dengan populasi penelitian sebanyak 208 responden, dan sampel penelitian sebanyak 137 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket atau kuesioner, dan analisis data menggunakan uji linier berganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Sebelumnya, belum ada penelitian yang meneliti pengaruh konformitas teman sebaya dan efikasi diri terhadap motivasi belajar di sekolah ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara konformitas teman sebaya dan efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Alalak. Hasil F hitung (51,221) lebih besar dari F tabel (3,06), dan diperoleh R2 (R Square) sebesar 0,433 atau 43,3%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel konformitas teman sebaya dan efikasi diri secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 43,3% terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Motivasi belajar, Konformitas teman sebaya, Efikasi diri