Abstract:
Husnul Khatimah. 2023. Implementasi Tes Objektif Berbasis Penilaian HOTS Dalam Pembelajaran PPKn Di Smp Negeri 2 Banjarmasin. 2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Fatimah, M. Hum.
Kata Kunci: Penilaian HOTS, Tes Objektif, Guru PPKn
Masalah Pokok pada penelitian ini adalah saat ini kita berada pada era pendidikan abad 21 yang menenkankan peserta didik pada berpikir kritis,kreatif, kolaborasi dan komunikasi namun pada tes objektif yang disusun sebagai Penilaian Tengah Semester Genap di SMP Negeri 2 Banjarmasin lebih mendominasi pertanyaan kategori rendah dibandingkan dengan pertanyaan-pertanyaan kategori tingkat tinggi (HOTS). Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan penerapan dan kesulitan guru PPKn dalam mengimplementasikan penilaian tes objektif berbasis penilaian HOTS.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dan menggunakan lembar pengamatan kemampuan guru (APKG). Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan kemudian melakukan kualifikasi soal HOTS.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa : (1) Penerapan penilaian tes objektif berbasis penilaian HOTS belum dilakukan dengan maksimal pertanyaan-pertanyaan yang mendominasi pada tes objektif adalah pertanyaan dengan kategori rendah (Lower Order Thingking Skills) dibandingkan dengan pertanyaan dengan kategori tinggi (Higher Order Thingking Skills) (2) kesulitan guru PPKn dalam menerapkan penilaian HOTS adalah pada kemampuan daya pikir peserta didik yang berbeda-beda ada yang unggul dan ada yang masing kurang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan tes objetif berbasis penilaian HOTS yang dilakukan guru PPKn SMP Negeri 2 Banjarmasin belum terlaksana dengan maksimal. Dan secara umum permasalahan terletak pada kemampuan peserta didik dan keaktifan peserta didik. Dalam Penelitian ini disarankan penerapan penilaian tes objektif dapat disusun dengan memuat lebih banyak pertanyaan dengan tingkatan HOTS dan guru hendaknya memahami dengan baik mengenai penilaian berbasis HOTS.