Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembiasaan, metode reward, dan punishment terhadap pembentukan karakter disiplin pada mahasiswa
Pendidikan Ekonomi FKIP ULM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 109 mahasiswa angkatan 2020-2022 program studi pendidikan ekonomi FKIP ULM. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan Kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis uji asumsi
klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh metode
pembiasaan terhadap pembentukan karakter disiplin mahasiswa, dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 4.461 > 1.982 dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0>
0,05, terdapat pengaruh punishment terhadap pembentukan karakter disiplin mahasiswa, dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 3.645 > 1.982, dengan nilai
signifikansi yaitu 0,000 < 0> F tabel yaitu sebesar 19.497 > 2.69, dengan nilai signifikansi yaitu 0,000< 0,05, dan diperoleh nilai R2 (R Square) sebesar 0,356 atau 35,6 %. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh simultan variabel bebas metode pembiasaan, metode reward dan punishment terhadap pembentukan karakter disiplin sebesar 35,6%, sedangkan sisanya sebesar 64,4% dijelaskan oleh variabel lain.
Kata Kunci : Karakter Disiplin, Metode Pembiasaan, Metode Reward, Punishment