Abstract:
Nabilla. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menyimak Berita Siswa Kelas VIII-B di SMP Negeri 10 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.
Pembimbing: (I) Dr. M. Rafiek, M.Pd.; (II) Dr. Moh. Fatah Yasin, M.Pd.
Kata kunci: peningkatan, hasil belajar, media audio visual, siswa
Dalam pendidikan hasil belajar menjadi tolak ukur untuk keberhasilan di lembaga sekolah. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi dan media pembelajaran yang digunakan dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovasi pada kegiatan belajar mengajar bisa menghasilkan pembelajaran yang berkualitas dan penyimak yang baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual pada pembelajaran menyimak berita yang meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan media audio-visual; (2)
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio-visual pada pembelajaran menyimak berita. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan menyimak siswa dan hasil belajar siswa di kelas.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes/ujian. Teknik analisis data yang digunakan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif berbentuk tabel dan deskriptif. Indikator keberhasilan hasil belajar siswa telah ditentukan
pada nilai persentase 75%-100% siswa yang mendapatkan nilai tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan media audio-visual terlaksana dengan baik, terlihat pada
peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan menyimak yang mencapai indikator keberhasilan. (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan media audio-visual pada pembelajaran menyimak berita, terlihat pada
peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai 88,00% siswa yang tuntas di akhir pertemuan sesuai dengan indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan: (1) peran guru sangat penting sehingga harus mempunyai keterampilan mengajar (2) siswa lebih aktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dirinya (3) penggunaan media audio-visual berpengaruh untuk pembelajaran yang baik.