Abstract:
Intan Noor Azizah, 2023. Kegiatan Perempuan Bidang Pertanian di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Tesis Program Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I : Dr. Ismi Rajiani, MM. dan Pembimbing II : Muhamad Rezky Noor Handy, M.Pd. Kegiatan pertanian identik dengan kekuatan fisik laki-laki dibandingkan perempuan. Namun seiring berjalannya waktu, perempuan juga mempunyai peran dalam kegiatan pertanian. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran tentang studi gender. Pembelajaran mengenai gender dapat ditemukan pada peran perempuan dalam kegiatan pertanian. Peran perempuan dalam kegiatan pertanian di Desa Anjir Serapat Muara 1 dapat dijadikan contoh kesetaraan gender. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas wanita tani di Desa Anjir Serapat Muara 1 dan (2) mendeskripsikan aktivitas wanita tani di Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS. Metode yang penulis terapkan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi di Desa Anjir Serapat Muara 1, wawancara dengan informan yaitu Kepala Desa, wanita tani, dan akademisi seperti guru mata pelajaran IPS dan ilmu sosial. mempelajari dosen pendidikan, dan mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data dengan mereduksi data yang tidak berkaitan dengan pertanian, menyajikan data yang disajikan secara naratif dan tertulis, serta menarik kesimpulan berdasarkan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa peran wanita dalam kegiatan pertanian di Desa Anjir Serapat Muara 1 disebabkan oleh faktor keturunan yaitu karena menjadi petani di desa ini dijadikan sebagai mata pencaharian utama karena wilayah desa cocok untuk faktor pertanian dan bisnis. untuk meningkatkan ekonomi keluarga, yaitu dengan tujuan membantu meringankan beban suami atau petani perempuan yang bertindak sebagai kepala keluarga yang disebabkan oleh suami yang meninggal dunia atau bercerai. Kemudian dalam pembelajaran IPS penerapannya tidak hanya terpaku pada penggunaan buku teks saja, tetapi dapat mengintegrasikan peran perempuan dalam kegiatan pertanian di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran perempuan dalam kegiatan pertanian cukup kuat karena diberi kepercayaan dan tanggung jawab untuk mengelola pertanian. Dengan demikian, hasil penelitian ini akan menarik jika dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang bersumber dari lingkungan sekitar. Kata Kunci: Kegiatan Pertanian, Perempuan, Sumber Belajar IPS